hakekat manajemen

A.  Hakikat Manajemen

 

Proses kerja dengan dan atau melalui (mendayagunakan) orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan  efisien.

Aspek utama manajemen sebagaimana diungkapkan everard dan morris adalah “menyusun arah, tujuan dan sasaran” orientasi cita-cita yang jelas merupakan pusat bagi pendekatan-pendekatan teoritis dalam manajemen pendidikan, seperti yang akan kita lihat nanti. Dua contoh berikut mengilustrasikan poin ini :

ü   Mendefinisiskan tujuan adalah fungsi utama administrasi ( Culberston, 1983, dikutip dari Bush, 1995, hal. 1)

ü   Sebuah organisasi  dibangun untuk mencapai cita-cita atau sasaran melalui aktivitas kelompok ( Cyert, 1975, dikutip dari Bush, 1995, hal. 2 ).

Secara umum, mendefinisikan tujuan dalam pendidikan merupakan hal yang sederhana ; terkait dengan pembelajaran.

ü   Tujuan manajemen pendidikan adalah untuk memfasilitasi pembelajaran siswa sebagai sebuah bentuk proses pembelajaran.

Pentingnya manajemen yang efektif dalam organisasi pendidikan semakin banyak mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak. Sekolah dan perguruan tinggi akan lebih efektif dalam memberikan pendidikan kepada siswa atau mahasiswanya jika mereka ter-manage dengan baik. Penelitian tentang efektifitas sekolah dan perbaikan sekolah di beberapa Negara menunjukkan bahwa mutu kepemimpinan dan menajemen merupakan salah satu variabel terpenting untuk membedakan sekolah yang berhasil dan yang tidak  ( sammon et. al.,1994 ).

Caldwell dan spink (1992) mengungkapkan bahwa manajemen merupakan fenomena internasional; mega-trand. Ini dipertegas oleh beberapa asumsi berikut ini:

1.      Manajer akan lebih responsive terhadap klien dan komunitasnya jika ia mampu menentukan dan menghasilkan mutu pendidikan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

2.      Manajer akan mampu menentukan adonan yang tepat untuk sumber daya yang ada (guru, staf, material, peralatan) untuk mencapai tujuan dan spesifik sekolah.

3.      Staf memperoleh insentif yang cukup dalam memaksimalkan efesiensi dalam penggunaan sumber daya yang ada, karena penghematan tersebut bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan sekolah dan perguruan tinggi selanjutnya.

4.      Standar mutu ada pada klien, dan orang tua sebagai wali klien, sementara sekolah merespon kebutuhan-kebutuhan mereka dan mengambil resiko terhadap kegagalan yang dialami siswa.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: